Kamis, 06 Maret 2014

media tanam jamur tiram

Budidaya Jamur Tiram

Jamur TiramBudidaya Jamur Tiram  sekilas terlihat suli, terutama bagi para pemula.namur sebenarnya teknik  Budidaya Jamur Tiram  cukup mudan dan hanya di butuhkan ketelatenan dan semangat pantang menyerah.Bahan bahan yang harus di perhatikan dalam berbudidaya jamur tiram dan media tanam jamur tiram sangalah mudah di peroleh dan harganya cukup murah. Media utama yang dapat di gunakan yaitu serbuk kayu dan jerami padi. Media serbuk kayu lebih sering di gunakan karena tersedia sepanjang tahun dan mudah du buat. Selain media tanam ini dapat di tambahkan bekatul, kapur atau dolomit, gips.
- Serbuk Kayu sering di pilih untuk  Budidaya Jamur Tiram  karena ptaktis, murah dan selalu tersedia. Media ini sebenarnya merupakan limbah dari industri penggergajian kayu. Bila tidak ada industri kayu di sekitar lokasi Budidaya jamur tiram Serbuk kayu bisa di buat sendiri dengan mudah. Namun demikian tidak semua serbuk kayu baik di gunakan untuk membuat media tanam jamur tiram, Persyaratan serbuk kayu yang baik antara lain. Serbuk kayu berasal dari kayu yang keras, Kayu keras yang di gunakan juga tidak bisa mengandung minyak atau resin, tidak dapat menggunakan kayu kayu yang bergetah dan masih menempel pada serbuk kayunya, Serbuk kayu yang di gunakan tidak bergetah dan berjamur di utamakan serbuk kayu yang masih baru, Serbuk kayu bebas dari kotoran seperti kerikil, tanah dan daun pengayakan pun harus di lakukan dalam  Budidaya Jamur Tiram .

Budidaya Jamur Tiram Media Jerami

Jamur TiramBudidaya Jamur Tiram  dengan media jerami padi juga dapat di jadikan alternatif sebagai media tanam jamur tiram, terutama pada saat panen raya padi di mana jumlah jerami melimpah. Jerami sebenarnya jauh lebih murah di bandingkan serbuk kayu. Tapi sayangnya jerami tidak tersedia sepanjang tahun. Selain itu untuk di buat sebagai media dalam  Budidaya Jamur Tiram . Jerami harus di potong kecil kacil terlebih dahulu. Inilah yang menyebabkan pembudidaya jamur tiram enggan menggunakan jerami. Sebenarnya jerami cukup banyak mengandung gara yang di butuhkan olaeh jamur tiram, Terutama jerami yang berasal dari sawah dengan pemupukan intensif. Jerami mengandung banyak hara fosfor, kalium dan nitrogen. Ketiga hara ini di butuhkan jamur tiram terutama nitrogen dan fosfor.

Media Budidaya Jamur Tiram Menggunakan bekatul

Budidaya Jamur TiramBudidaya Jamur Tiram  menggunakan bekatul dapat di tambahkan pada media utama berupa bubuk bekatul kayu atau jerami, Fungsi bekatul cukup banyak antara lain, Meningkatkan konsistensi media, dapat menahan air mengandung hara nitrogen dan kalium, serta mendukung pertumbuhan akar jamur tiram. Bekatul di gunakan sebaiknya masih baru, bersih dan tidak berbahu khusus. Harga bekatul ini sangat cukup tinggi karena biasanya di gunakan untuk pakan ternak dan kebutuhan industri.

Kapur Adalah Bahan Baku Budidaya Jamur Tiram

Budidaya Jamur TiramKapur adalah bahan baku untuk  Budidaya Jamur Tiram  juga merupakan salah satu bahan tambahan yang penting, Kandungan mineral di dalam kapur terutama yang penting, Kandungan mineral di dalam kapur tertama kalsium, magnesium, fosfor dan karbon dapat mendukung pertumbuhan jamur tiram, Selain itu kapur juga dapat meningkatkan {H media dan meningkatkan konsistensi media. Kapur yang di gunakan sebaiknya adalah dolomit yaitu kaput yang di olah sedemikian rupa dan di peruntukkan untuk tanaman, Jika tidak ada dapat memilih kapur biasa. Namun kapur tersebut harus benar benar telah matang dan dingin. Cara mengujinya dengan menyiramkan air pada kapur jiaka tidak terjadi ledakan berarti kapurtelah matang dan siap di gunakan untuk campuran media  Budidaya Jamur Tiram .
Gips Tambahan Budidaya Jamur Tiram
Budidaya Jamur TiramBudidaya Jamur Tiram  menggunakan tambahan gips yang berperan untuk meningkatkan konsistensi media, terutama yang berasal dari serbuk gergaji, Serbuk gegaji yng di beri gips akan menjadi kokoh dan tidak mudah hancur sehingga meedia dalam baglog bisa lebih awat dan sangat cocok dalam  Budidaya Jamur Tiram .
Pupuk Fosfat Tambahan Nutrisi Budidaya Jamur Tiram
Budidaya Jamur TiramPupuk Fosfat cocok untuk tambahan  Budidaya Jamur Tiram  kareian  Budidaya Jamur Tiram  unsur hara ini di butuhkan jamur tiram untuk membentuk bagian bagian vegetatif seperti tudung, batang tubuh jamur tiram dan akar. Pupuk fosfat yang dapat di gunakan antara lain: pupuk SP-18, SP-36, TSP, guano dan fosfat alam cocok untuk campuran  Budidaya Jamur Tiram .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar